Minggu, 11 Desember 2011

VISI MISI


VISI MISI

Calon Anggota Komisi Informasi Publik
Propinsi Sulawesi Selatan Periode 2011- 2015, yang disampaikan dalam rangka Fit and Proper Test Calon Anggota Komisi Informasi Publik Propinsi Sulawesi Selatan dihadapan Anggota DPRD Propinsi Sulawesi Selatan.

Senin, 31 Januari 2011
oleh
Alamsyah, SH
014/KI-SS/VII/2010


VISI

MENEGAKKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG TRANSPARAN, BERTANGGUNG JAWAB, EFEKTIF, PARTISIPATIF DAN BERSIH DARI KORUPSI UNTUK MENSEJAHTERAKAN RAKYAT SULAWESI SELATAN

MISI

  1. Membangun sistem informasi publik yang transparan, efektif, partisipatif dan bertanggung jawab.
  2. Mewujudkan penyelenggara negara dan non penyelenggara negara yang memberikan pelayanan publik; yang transparan, partisipatif, dan bertanggung jawab kepada publik.
  3. Mewujudkan partisipasi masyarakat dalam proses kebijakan publik.
  4. Mewujudkan informasi publik yang efektif dan bertanggung jawab untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses kebijakan publik.
  5. Mempercepat Kecerdasan dan kemajuan daya pikir masyarakat Sulawesi Selatan.

STRATEGI PENCAPAIAN

Membuat regulasi daerah untuk menciptakan informasi publik yang transparan, efektif, partisipatif dan bertanggung jawab.

Meningkatkan kapasitas aparatur penyelenggara negara dalam menjalankan fungsi pelayan publik yang transparan, partisipatif dan bertanggung jawab.

Menciptakan media yang sesuai dengan bahasa masyarakat dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi secara jelas mengenai kebijakan publik dan memberikan feedback  atas kebijakan publik dan pelaksanaannya.

Memberikan informasi kepada masyarakat secara efektif melalui media massa tentang rencana penyusunan kebijakan publik,  dan program pemerintah;       dan hasil pelaksanaan kebijakan pemerintah.

Memberikan reward and punishment yang tegas dan jelas bagi penyelanggara pelayanan publik, baik itu penyelanggaran negara dan lembaga non negara yang menjalankan dan yang tidak menjalankan prinsip transparansi informasi public.

Membangun jaringan dengan lembaga-masyarakat, lembaga profesional, media massa dan lembaga         swadaya masyarakat.

INDIKATOR KEBERHASILAN

Adanya regulasi tingkat daerah di Sulawesi Selatan yang memberikan jaminan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai perencanaan kebijakan publik, perumusan kebijakan publik, pelaksanaan program pemerintah, hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan publik secara transparan, lengkap dan bertanggung jawab.

Badan penyelenggara pelayanan publik, baik itu badan negara dan non Negara memberikan  informasi  kepada  masyaraka       secaratrasnparan, efektif, partisipatif dan bertanggung jawab

Adanya pemberian reward bagi penyelenggara pelayanan publik baik itu badan publik negara dan non negara yang memberikan informasi kepada publik secara transparan, efektif, dan bertanggung jawab.
Adanya pemberian punishment secara fair bagi penyelenggara pelayanan publik baik itu badan publik negara dan non negara yang memberikan informasi kepada publik secara transparan, efektif, dan bertanggung jawab.

Adanya kerjasama dengan lembaga-  lembaga masyarakat,   lembaga profesional,   media massa    dan      lembaga  swadaya  masyarakat untuk mendorong partisipasi  masyarakat dalam         proses kebijakan publik.

Adanya informasi mengenai kebijakan publik dalam media massa baik secara berkala dan tersedia setiap saat mengikuti alur proses kebijakan publik.

Adanya  media  bagi  masyarakat  untuk  memberikan feedback kepada  lembaga penyelenggaran pelayanan publik.

Adanya peningkatan   kuantitas dan   kualitas partisipasi masyarakat dalam proses kebijakan publik.


TERIMA KASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar